Cara Menghitung Upah Lembur yang Benar

Sebagai perlindungan kepada tenaga kerja, Pemerintah telah mengeluarkan undang-undang ketenagakerjaan. Dimana undang-undang tersebut telah mengatur segala hak dan kewajiban pekerja. Salah satu peraturan yang terdapat dalam undang-undang adalah mengenai upah lembur. Namun, pada praktiknya masih banyak perusahaan yang tidak menerapkan rumus perhitungan lembur yang benar. Bahkan cara menghitung lembur karyawan harian, terkadang juga tidak diperhatikan.

Bagaimana Menghitung Upah Lembur?

Lembur adalah bekerja di luar ketentuan jam kerja atau bekerja melebihi jam kerja yang ditentukan. Biasanya lembur ini dilakukan atas perintah atasan, dengan mengisi form perintah kerja lembur. Selain itu lembur juga seringkali disebabkan karena banyaknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan kejar deadline. Menghitung upah lembur 2018 tidaklah sulit. Banyak rumus perhitungan lembur yang bisa Anda dapatkan di internet. Tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah di jelaskan, maka perhitungan lembur pun dengan mudah dikerjakan.

Perhitungan lembur sebenarnya telah ditetapkan dalam undang-undang ketenagakerjaan. Untuk itu sangat disarankan para pengusaha menerapkan aturan ini. Upah lembur menurut undang-undang terbagi menjadi dua, yaitu upah lembur pada hari kerja dan hari libur. Jika lembur pada hari kerja maka rate upah lembur adalah 1,5x upah sejam pada jam pertama lembur dan 2x upah sejam pada kedua dan seterusnya. Rumus perhitungan lembur pada hari libur adalah 2x upah sejam untuk 8 jam kerja pertama, 3x upah sejam pada jam ke-9 dan 4x upah sejam pada jam ke-20. Namun rumus ini juga berlaku untuk cara menghitung lembur karyawan harian,

Cara Menghitung Upah Lembur yang Benar

Upah yang dimaksud adalah upah dalam sebulan. Dan rumus upah per jam adalah 1/173 x upah sebulan. Yaitu upah sebulan 100% beserta tunjangan tetapnya. Rumus tersebut sudah sesuai dengan rumus perhitungan lembur depnaker 2018. Namun masih banyak perusahaan yang tidak mengikuti aturan tersebut. Faktor utama tentu karena gaji, perusahaan akan mengeluarkan biaya ekstra apabila mengikuti rumus perhitungan lembur yang benar. Maka dari itu biasanya perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menghitung upah lembur.

Apabila karyawan yang lembur adalah karyawan harian, maka cara menghitung lembur karyawan harian tetap sama. Tetapi pertama-tama Anda harus menghitung upah selama satu bulan terlebih dahulu. Anda juga harus mengetahui bagaimana perhitungan upah lembur per jam 2018. Baru kemudian Anda bisa hitung total lembur karyawan tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai perhitungan lembur. Apabila belum mengerti cara menghitungnya, Anda bisa mencari rumus perhitungan lembur. Sekarang ini di internet banyak di temukan cara perhitungan lembur excel, sehingga memudahkan Anda untuk menghitung total lembur karyawan. Cara menghitung lembur karyawan harian pun rumusnya banyak dijelaskan di internet. Rumusnya bisa disalin dan gunakan dalam perhitungan lembur karyawan Anda