Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

Kehamilan menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh pasangan yang menikah. Bagi calon ibu yang sudah merasakan tanda-tandanya dan memeriksakan hasilnya ke dokter dan dinyatakan positif, sebaiknya ketahui cara menghitung usia kehamilan dalam bulan. Hal ini sangat penting agar asupan makanan sesuai dengan umur janin. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan kini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan kalkulator online.

Tahapan Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Sebagai seorang wanita Anda harus peduli dengan siklus haid dan mencatat hari pertama datang bulan serta lamanya siklus. Tujuan dari hal tersebut adalah memudahkan dalam menggunakan cara menghitung usia kehamilan dari hpht kalkulator kehamilan dan berat janin. Meskipun aplikasinya bersifat online, namun jika data yang dimasukkan tidak sesuai, maka hasil yang didapatkan tidak akan akurat.

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan sejatinya dapat menggunakan cara manual atau jika tidak ingin repot bisa tanya langsung ke dokter. Aplikasi menghitung usia kehamilan,juga dapat didownload menggunakan handphone. Tinggal masukkan hpht dan siklus haid lalu klik dan hasilnya bisa segera dilihat. Adapun beragam cara menghitung kehamilan yang bisa dicoba adalah:

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

  1. Kalkulator kehamilan online

Aplikasi ini sangat mudah ditemukan tinggal cari saja diinternet. Langkah dan cara menghitung usia kehamilan dari hpht kalkulator kehamilan dan berat janin cukup simple tinggal masukkan data yang sesuai. Selain itu Anda juga bisa memakai kalkulator kehamilan mingguan agar lebih akurat.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

  1. Hitungan kalender

Cara ini hanya untuk wanita yang teratur datang bulannya. Rumus menghitung usia kehamilan tersebut menggunakan data hari pertama haid terakhir atau yang disingkat dengan hpht.Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan dengan menambahkan 7 angka pada hari, mengurangi 3 angka pada bulan, dan tambahan 1 pada tahun. Misalnya hpht 10-6-2018 maka perkirakan kelahiran usia 9 bulan adalah 17-3-2019

  1. Rumus 4
Baca Juga  Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Selain memakai cara menghitung usia kehamilan dari hpht kalkulator kehamilan dan berat janin, juga bisa mencoba rumus ini. Contohnya bila sekarang 29-6-2018 dan hpht 23-4-2018, maka usia kandungannya (29-23) (6-2)x2)) = 4 hari 8 minggu. Cara ini hanya berlaku jika siklus haid Anda normal.

Apapun metode yang Anda gunakan, yang terpenting adalah mencatat siklus haid untuk memudahkan mengetahui usia janin. Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan adalah dengan mendeteksi gerakan bayi yang ada dalam perut. Biasanya janin akan bergerak aktif pada usia 18-20 minggu.

Cara menghitung usia kehamilan dari hpht kalkulator kehamilan dan berat janin memang menjadi metode yang paling mudah dan cepat terlihat hasilnya. Namun ingat selain menggunakan kalkulator kehamilan dan kelahiran, Anda juga harus rajin check up ke dokter supaya kondisi calon bayi dan ibunya tetap sehat.