Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar

Satu lagi bangun ruang yang biasanya dipelajari dalam materi matematika dasar adalah kerucut. Kerucut ini adalah limas istimewa dengan alas berbentuk lingkaran. Sama seperti penghitungan matematika lainnya, aspek yang dicari juga tidak jauh berbeda, yaitu luas atau volume. Rumus volume kerucut dan tabung pada dasarnya tidak jauh berbeda karena keduanya sama-sama memiliki lingkaran sebagai alasnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang rumus volume kerucut.

Menghitung Volume Kerucut jika Diketahui Keliling Alasnya

Kedua bentuk ruang, baik tabung maupun kerucut sama-sama memiliki alas berbentuk lingkaran. Maka rumus volume kerucut juga hampir sama dengan rumus volume tabung , yaitu luas alas x tinggi. Karena alasnya berbentuk lingkaran, maka yang dicari sudah pasti luas lingkaran. Ada lagi bangun ruang yang menggunakan rumus dasar lingkaran dalam penghitungannya, yaitu bola. Rumus volume bola juga menggunakan rumus lingkaran sebagai dasarnya.

Dari penjelasan tersebut, maka bisa ditarik rumus volume kerucut adalah V = 1/3 x phi x r2x tinggi. Hampir sama bukan dengan volume tabung, bedanya adalah adanya perkalian 1/3 pada rumus untuk mencari volume kerucut. Lalu bagaimanakah cara mencari volume kerucut jika diketahui keliling alas dan tinggi?

Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar

Jika diketahui keliling alas, maka Anda harus mencari jari-jari atau diameter dari lingkaran itu terlebih dahulu. Jika sudah diketahui, maka cara mencari volume kerucut jika diketahui keliling alas dan tinggi juga akan lebih mudah. Cara ini bukanlah cara atau rumus mencari volume kerucut yang baru. Selain mencari volume, penghitungan lain yang biasanya digunakan pada bangun ruang kerucut ini juga beragam.

Salah satu soal yang biasanya ditanyakan adalah bagaimana rumus luas permukaan kerucut. Untuk pertanyaan ini, rumus yang digunakan berbeda dengan cara mencari volume kerucut jika diketahui keliling alas dan tinggi. Untuk luas permukaan kerucut, rumus yang digunakan adalah luas alas + luas selimut. Karena menggunakan alas lingkaran, maka yang dicari adalah luas lingkaran.

Nah berikutnya, bagaimana mencari luas selimut kerucut. Selimut atau sisi kerucut ini dicari dengan cara yang berbeda. Rumus mencari luas sisi kerucut itu adalah phi x r x s, dimana simbol s yang digunakan disini adalah garis pelukis pada kerucut.

Itulah tadi penjelasan tentang bangun ruang kerucut dan bagaimana rumus mencari volume, sisi atau selimut dan luas permukaannya. Masing-masing rumus yang dijelaskan di atas digunakan pada kondisi yang berbeda-beda. Meskipun rumus volume kerucut secara umum sama, namun jika kondisinya berbeda, maka rumus yang digunakan juga berbeda. Misalnya jika diketahui keliling alas dan tingginya, maka cara mencari volume kerucut jika diketahui keliling alas dan tinggi juga berbeda.