Cara Menghitung Volume Pondasi Rumah yang Tepat

Pondasi berfungsi penting sebagai penopang bangunan, memastikannya stabil dan seimbang menahan berat di atasnya. Oleh karena itu, keberadaan elemen konstruksi bangunan itu tidak bisa diabaikan. Perlu perhitungan sangat cermat menggunakan rumus yang tepat sehingga hasilnya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk itu sangat penting untuk memahami rumus menghitung volume pondasi dengan benar. Penting pula memahami cara menghitung volume pondasi tapak.

Cara Hitung Volume Pondasi

Berbagai aspek penting juga harus dipahami sebelum membangun pondasi rumah atau bangunan lainnya. Aspek itu adalah kontur tanah, kondisi di sekelilingnya, biaya pengerjaan, waktu tenggat pembangunan, konstruksi yang akan dibangun di atas pondasi tersebut dan kekuatannya. Dengan begitu, agar pondasinya bisa dibangun secara benar dan kokoh maka penting juga mengenal beragam jenisnya termasuk cara menghitung volume talud. Pahami juga cara menghitung volume pondasi batu gunung.

Cara Menghitung Volume Pondasi Rumah yang Tepat

  1. Pondasi Bore Pile

Jenis pondasi ini fungsinya untuk menghantarkan beban dari bangunan menuju lapisan tanah paling keras. Metode ini diterapkan karena bobot bangunan tidak mampu tertampung kalau hanya mengandalkan modelpondasi dangkal jadi membutuhkan dukungan kekuatan tambahan. Jadi ketahui cara menghitung volume yang tepat.

  1. Pondasi Tiang Pancang

Tanah berawa atau berkontur lembek biasanya mengandalkan model pondasi ini. Metode ini fungsinya adalah menerima sekaligus menghantarkan bobot struktur sisi atas menuju tanah dalam kedalaman tertentu. Beton, baja atau kayu biasanya diandalkan sebagai jenis pondasi tiang pancang ini. Pahami cara menghitung volume sloof. Kemudian pastikan mengaplikasikan rumus menghitung volume pondasi demi kekuatan bangunan.

  1. Pondasi Foot Plate

Bangunan bertingkat dengan bentuk sederhana biasanya mengaplikasikan model pondasi ini. Pondasi ini umumnya dirancang dengan kolom atas terdiri atas tulangan dan plat cot beton. Pemahaman terkait cara menghitung volume pondasi batu gunun juga penting dipahami.

  1. Pondasi Batu Kali

Bangunan bertipe sangat sederhana sangat mengandalkan tipe pondasi ini. Untuk itu penting memahami cara menghitung volume pondasi batu gunung. Pada umumnya cukup ideal bila diterapkan untuk bangunan berlantai satu yang kontur tanahnya keras. Konstruksi pondasinya terdiri atas batu alam dengan tambahan adukan semen. Terapkan rumus menghitung volume pondasi yang tepat untuk kekokohan bangunan. Pasangan batu drainase juga bisa menerapkan metode ini.

Cara Menghitung Volume Pondasi Rumah yang Tepat

Beragam jenis pondasi di atas penting dipahami agar memudahkan cara menghitung volume galian tanah. Nah, kalau Anda akan membangun hunian pribadi bisa mengandalkan jenis pondasi batu kali. Jadi penting mengetahui secara pasti cara menghitung volume pondasi batu gunung..

Rumus menghitung volume pondasi adalah luas dari penampang pondasi dikalikan dengan total dari panjang pondasinya. Untuk menghitung luas penampangnya dengan menjumlahkan lebar bagian bawah dari pondasi dengan lebar sisi atas. Selanjutnya dikalikan dengan tinggi pondasinya dan lalu dibagi menjadi dua. Metode ini juga membantu dalam menghemat biaya membuat pondasi rumah sederhana.