Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar

Dalam ilmu matematika dikenal bangun ruang yang bernama tabung, yakni bangun ruang yang beraturan yang terdiri dari tutup dan alas berbentuk lingkaran dengan ketinggian tertentu. Tabung juga memiliki rumus penghitungan seperti bangun ruang lainnya, seperti luas dan volume. Nah, berikut ini adalah rumus tabung lengkap yang bisa digunakan untuk menghitung volume tabung.

Menghitung Volume Tabung dengan Diameter

Contoh soal volume tabung dalam pelajaran Matematika sangat bervariasi. Misalnya saja mencari tabung jika diketahui luas tabung, atau mencari volume tabung jika diketahui diameter dan lain sebagainya. Namun soal yang umumnya ditanyakan adalah bagaimana rumus volume tabung dengan diameter. Nah, jika contoh soalnya adalah demikian, maka cara menghitung volume tabung ini sedikit lebih mudah.

Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar

Pada dasarnya, rumus tabung lengkap apapun jenis soalnya hanya berpacu pada satu rumus, yaitu untuk volume= luas alas x tinggi. Jika luas alas tabung adalah lingkaran, maka perlu dicari luas alas lingkaran itu terlebih dahulu. Ingat, yang dicari adalah luas lingkaran, bukan rumus volume lingkaran.

Nah, sebelum sampai pada langkah menghitungnya, Anda harus tahu rumus tabung lengkap dulu. Untuk mencari volume = luas alas x tinggi. Dari rumus dasar ini akan didapatkan rumus phi x r2 x tinggi. Jika diketahui diameter, maka rumusnya menjadi ¼ x phi x d2 x tinggi.  Rumus terakhir inilah rumus volume tabung jika diketahui diameter.

Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar

  1. Menghitung Luas Alas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumus menghitung volume tangki atau tabung adalah luas alas x tinggi. Karena luas alas tabung berbentuk lingkaran, maka yang harus Anda hitung adalah luas lingkaran dengan rumus phi x r2, dengan simbol r adalah jari-jari lingkaran, yaitu pajang garis tengah lingkaran hingga ke titik tengah lingkaran.

  1. Kalikan dengan Tinggi Tabung

Jika sudah dapat luas lingkarang, maka mencari volume tabung dengan rumus tabung lengkap adalah mengalikannya dengan tinggi tabung. Setelah itu akan didapatkan hasil volume tabung tersebut.

Selain menggunakan rumus di atas, menghitung volume tabung juga bisa dilakukan dengan menggunakan diameter. Sama seperti di atas, rumus volume tabung dengan diameter juga menggunakan diameter lingkaran sebagai alas dari tabung tersebut. Nah, rumus yang digunakan juga berbeda, yaitu ¼ phi x d2 x tinggi.

Rumus volume tabung dengan diameter ini juga berlaku untuk mencari berbagai jenis tabung. Misalnya jika Anda ingin mencari cara menghitung volume tangki silinder horizontal, maka cara yang digunakan sudah tidak akan sama dengan cara yang disebutkan di atas.  Untuk cara menghitung volume tabung tidur tidak sama karena penampakan permukaannya juga sudah tidak lagi sama. Karena itu rumus yang digunakan juga akan berbeda.

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana rumus volume tabung dengan diameter. Dalam penghitungan matematika setiap aspek harus diperhitungkan agar bisa diperoleh hasil penghitungan yang benar. Begitu pun dengan menghitung volume tabung di atas.