Cara Menghitung Zakat Mal yang Benar

Menunaikan zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib dipenuhi umat muslim. Keyakinan bahwa zakat merupakan pembersih harta kaum muslimin memang sudah tertulis jelas dalam Qur’an dan Hadist. Cara menghitung zakat fitrah akan dibagikan di sini sehingga semua jadi lebih paham dan jelas mengenai ketentuannya. Ukuran tepat zakat fitrah adalah satu sho’ atau empat cakupan telapak tangan atau kurang lebih 2,5 kilogram.

Cara Mudah Menghitung Zakat Mal

Cara menghitung zakat mal tabungan sama halnya dengan zakat mal pendapatan atau gaji yakni sejumlah 2,5 persen dari total gaji yang diterima. Tapi di sini perlu ditekankan bahwa jumlah total tabungan harus sudah mencapai minimal enam juta rupiah kurang lebih. Contoh soal perhitungan zakat mal bisa diakses melalui internet karena sudah banyak yang memberi contoh.

Cara menghitung zakat emas adalah 2,5 persen dari total emas 85 gram 24 karat. Perhitungan besaran zakat memang berbeda-beda, semua sudah ada ketentuannya. Termasuk cara menghitung zakat fitrah juga sudah ada ketentuannya.

Cara Menghitung Zakat Mal yang Benar

Contoh zakat mal dalam kehidupan sehari-hari ada banyak, termasuk apabila Anda memiliki ternak itu pun dapat dikeluarkan zakat mal nya. Yang lainnya ada, perak, emas, hasil tani, dan lain-lain. Cara menghitung zakat mal tabungan memang sudah ditentukan besarannya, sehingga apabila dikeluarkan lebih dari itu nanti jatuhnya jadi shodaqoh.

Cara menghitung haul zakat adalah satu tahun sekali dikeluarkan, kecuali untuk hasil tani biasanya dikeluarkan setiap musim panen tiba. Cara menghitung zakat fitrah bisa Anda sekalian lihat ketentuannya di buku-buku panduan zakat, pun di internet juga sudah banyak.

Cara menghitung zakat mal uang seperti yang telah dijelaskan tadi adalah 2,5 persen dari total pendapatan. Sangat diperbolehkan apabila ingin lebih dari jumlah itu, tapi nanti akan dianggap sebagai shodaqoh. Cara menghitung zakat mal tabungan bisa Anda lihat di internet.

Cara menghitung zakat perdagangan juga bisa dilihat di website-website yang membahas zakat, besarannya sekitar 2,5 persen. Untuk besaran dan cara menghitung zakat fitrah memang berbeda. Tidak seperti zakat mal karena memang berbeda antara zakat fitrah dengan zakat mal. Tapi pada dasarnya keduanya sama-sama wajib hukumnya untuk dikeluarkan secara rutin dalam kurun waktu setahun sekali.

Mungkin masih ada dari Anda yang belum rutin mengeluarkan zakat. Sebaiknya mulai saat ini bisa Anda niatkan untuk rutin mengeluarkan zakat karena zakat tersebut merupakan hak orang-orang yang membutuhkan. Cara menghitung zakat mal tabungan mungkin untuk lebih jelasnya dapat Anda tanyakan ke pemuka agama di kampung halaman atau di sekitar rumah Anda. Supaya lebih mantap ketika mengeluarkan zakat tersebut. Semoga artikel yang tidak panjang ini dapat mencerahkan dan bermanfaat.