Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Pertumbuhan ekonomi suatu negara manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat umum saja, banyak pedagang forex yang mempertimbangkan laju tersebut. Karena itulah sangat penting mengetahui cara menghitung pertumbuhan ekonomi secara sederhana. Meskipun bidang pekerjaan Anda tidak ada hubungannya dengan finansial, namun ini sangat berdampak pada penetapan harga  bahan bangan, BBM, dan juga penetapan standar gaji. Lebih jelas mengenai rumus pertumbuhan ekonomi gnp akan dijelaskan dibawah ini.

Langkah Menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi                             

Pastinya Anda pernah mempelajari cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi gnp atau yang dikenal dengan produk domestik bruto. Sesuai dengan namanya, data yang diberikan menggambarkan total jasa atau produksi yang dihasilkan dalam waktu satu tahun. Dengan mengetahui berapa total nilai yang diperoleh maka penyelesaian contoh soal laju pertumbuhan ekonomi bisa dihitung dengan cepat.

Rumus Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi

Misalnya untuk mengetahui tingkat perekonomian pada tahun 2018, maka harus diketahui berapa pendapatan bruto pada tahun 2017. Begitu juga seterusnya untuk periode selanjutnya. Tentu saja cara menghitung pertumbuhan ekonomi secara sederhana bisa dilakukan karena prosesnya cukup mudah jika data yang disediakan lengkap.

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Besarnya laju biasa dinyatakan dalam bentuk presentase. Rumus menghitung pertumbuhan ekonomi gnp adalah dengan mencari selisih PDB dari tahun sekarang dan sebelumnya kemudian dibagi dengan PDB yang diperoleh pada periode sebelumnya. Contoh soal laju pertumbuhan ekonomi sering Anda temukan pada saat di sekolah atau jika Anda menggunakannya saat bekerja. Berikut ini adalah tahapannya.

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

  1. Menentukan produk domestik bruto tahun sebelumnya

Cara menghitung pertumbuhan ekonomi secara sederhana selalu dilakukan setiap periode jadi datanya pasti ada dan dijamin akurat. Pengertian laju pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan perekonomian pada suatu negara bisa plus atau minus. Jika terjadi penurunan, maka harus segera diambil kebijakan agar di tahun berikutnya produksi bisa lebih ditingkatkan.

  1. Menentukan produk domestik bruto saat ini
Baca Juga  Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

Yang menjadi fokus dari contoh soal laju pertumbuhan ekonomi adalah PDB tahun ini. Dengan membandingkan hasil tahun sebelumnya maka bisa diketahui presentase peningkatannya. Selain sebagai data untuk perhitungan selanjutnya juga dapat dijadikan evaluasi. Laju pertumbuhan ekonomi indonesia memang sangat kecil namun dengan strategi yang tepat maka peningkatan bisa berangsur-angsur membaik.

  1. Menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi

Rumus yang digunakan adalah mengurangi PDB tahun lalu dan saat ini lalu hasilnya berupa nilai presentase. Cara menghitung pertumbuhan ekonomi secara sederhana dengan data yang ringkas. Data yang digunakan untuk menghitung pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa diperoleh secara mudah karena tiap tahun berubah.

Setelah mengetahui contoh soal laju pertumbuhan ekonomi dan juga penyelesaiannya semoga bisa memberikan pengetahuan tambahan kepada Anda. Hasil ini bisa dijadikan untuk pertimbangan pengelolaan bisnis supaya bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.