Cara Merawat Ikan Cupang Hias dengan Baik

Situscara.info | Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Baik Dan Benar. Kita semua paham cupang adalah type ikan air tawar yang banyak disukai orang-orang Indonesia. Baik kelompok lelaki ataupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Hal tersebut karena sebab warnanya yang indah, siripnya yang cantik serta gerakannya yang berwibawa. Simak yuk, cara merawat ikan cupang agar cepat besar, cara merawat ikan cupan petarung, jenis ikan cupan, cara memanjangkan ekor ikan cupang.

Walau ikan cupang banyak dijaga, tapi waktu memeliharanya terkadang ada saja problem yang perlu dihadapi, terlebih untuk beberapa pemula (nubi) seperti saya ini. Apakah itu problemnya?

Problemnya yaitu ikan cupang tidak segera besar. Walau sebenarnya cupang sendiri dapat tampak cantik bila telah besar kurang lebih maksimum ukuran (L). Nah, di waktu itu warna tampak mencolok, serta sirip jadi membesar hingga harga juga dapat makin mahal.

Untuk saya perkembangan cupang sangat perlu, terlebih buat pembudidaya cupang hias. Makin cepat besar, keuntungannya juga makin besar, tetapi demikian sebaliknya makin lama pertumbuhannya juga akan makin lama juga panennya. Umpamanya untuk cupang ukuran (M) harusnya dapat diraih kurun waktu 3 bln., tapi jadi 4 bln..

Bagaimana caranya merawat ikan cupang agar cepat besar?

Waktu itu hobynatang berjumpa dengan satu diantara peternak ikan cupang serta sekalian beli 2 ekor cupang, lantas kebetulan bisa yang ukurannya masih tetap (S) kecil, jadi kami juga ajukan pertanyaan ke peternaknya mengenai langkah membesarkannya.

Ikan Cupang Hias

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang

Alhamdulillah dia berikan pengetahuan pada kami banyak, yang Insyaallah juga akan kami berbagi disini. Silakan sahabat cermati baik-baik langkah paling gampang merawat ikan cupang cepat besar berikut ini :

Baca Juga  Cara Merawat Mobil Matic yang Benar

1. Buatkan Tank yang Layak agar Cepat Besar

Panduan pertama adalah sediakan tank atau wadah yang layak waktu perawatan ikan cupang. Meskipun sesungguhnya dia dapat menggunakan wadah apa sajakah tapi tetaplah saja kalian mesti memerhatikannya. Buat burayak (cupang baru lahir) baiknya diletakkan ditempat yang tidaklah terlalu sempit. Begitu halnya cupang yang telah disortir (pisahlah), kalian harus mencarikan akuarium dengan ukuran besar sekurang-kurangnya (25x20x20) cm atau minimum (20x15x15 cm).

Cara Merawat Ikan Cupang

Dengan hal tersebut cupang dapat banyak bergerak hingga tidak gampang stres. Sebab satu diantara aspek penghalang perkembangan ikan cupang yaitu fikiran. Makin terasa nyaman serta suka dia juga akan makin cepat besar.

2. Perawatan Air yang Bagus

Hari ini banyak penghobi-penghobi cupang yang musiman, berarti dia cuma semangat merawat ikan cupang di awal-awal tapi sesudahnya mereka males, malas kuras, malas ganti air serta beda sebagainya. Kalian jangan pernah sesuai sama itu, siap beli bermakna mesti siap pelihara.

Kebersihan air adalah aspek perlu dalam pertumbuhannya, jadi bila menginginkan ikan anda cepat besar ubahlah air minimum 3 hari sekali. Pindahkan ikannya ganti airnya bersihkan tempatnya (janganlah memakai sabun) serta isi kembali dengan air sumur yang bersih.

Bila Anda bermalas-malasan, bersiap saja ikan anda terkena penyakit beresiko. Tak tahu itu penyakit jamur, kepala nanas atau yang lain. Sebab air yang kotor yaitu tempat tumbuh mengembangnya bakteri-bakteri beresiko yang bisa menyerang si cupang. Baca : type penyakit ikan cupang serta langkah mengobatinya

3. Memberikan Daun Ketapang waktu Pelihara Ikan Cupang

Langkah yang ke-3 dalam merawat cupang supaya cepat besar yaitu memberikan daun ketapang di wadahnya. Daun ketapang telah umum dipakai oleh pencinta cupang terutama cupang aduan. Daun ini berperan jadi pendorong kesehatan serta kesegaran fikiran si cupang, diluar itu dapat juga membuat cantik warnanya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tapi kalian mesti waspada waktu memakainya, sangat banyak daun didalam akuarium juga tidak bagus sebab jadi dapat kotor serta airnya jadi gelap hingga keindahan ikannya tidak bisa di nikmati.

4. Berikan Makanan yang Memiliki nutrisi Tinggi

Konsumsi makanan yang didapatkan pada ikan cupang adalah aspek paling perlu serta paling utama dalam cepat tidaknya perkembangan ikan cupang dibanding ke-3 langkah diatas. Makanan ikan cupang mungkin saja ada banyak (bermacam type), dari mulai pelet hingga yang alamiah seperti jentik nyamuk, kutu air dan lain-lain. Tetapi tidak semuanya makanan mempunyai kandungan protein serta nutrisi yang sama.

Makin besar kandungan lemak serta proteinnya jadi makin bagus buat pertumbuhannya, yang pasti seimbang. Lantas apa sajakah makanan ikan cupang supaya dapat cepat besar?

Ada banyak beberapa jenis pakan ikan cupang agar cepat besar, serta mustahil bila ditulis disini semuanya, hingga kajian ini juga kami sendirikan. Silakan baca : 6 makanan ikan cupang terbaik untuk pertumbuhannya

Baiklah itu saja panduan lengkap dari kami mengenai cara merawat ikan cupang supaya cepat besar. Mungkin disini ada rekan-rekan yang mempunyai pengalaman berlainan dari kami, silakan catat di kolom komentar. Sharing itu indah, terimakasih. Jangan lpa dishare ya teman teman. Dibawah ada tombol share kok.

Source :

aquarium cupang,ikan cupang,jenis ikan cupang yang mahal,Perawatan Cupang aduan