Cara Merawat Mobil Manual yang Benar

Perawatan mobil merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil. Dengan melakukan perawatan rutin tentunya mobil tidak akan cepat rusak. Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun tetap membutuhkan perawatan. Meskipun cara merawat mobil baru mungkin lebih mudah dari pada cara merawat mobil bekas. Karena mobil baru masih memiliki kondisi mesin yang belum pernah terpakai.

Tips Merawat Mobil Manual

Banyak orang yang kurang memperhatikan perawatan mobil, sehingga kadang malah menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Bukan hanya perawatan pada mesin, perawatan body mobil pun penting untuk diperhatikan. Terutama pada mobil bekas, perawatan bodi merupakan salah satu cara merawat mobil bekas agar tetap baik. Penting untuk mengetahui cara merawat mobil yang benar, berikut beberapa tips untuk Anda.

Cara Merawat Mobil Manual yang Benar

  1. Penggantian oli mobil dengan rutin

Oli adalah komponen yang sangat penting untuk menunjang performa mobil. Penggantian oli juga merupakan cara merawat mesin agar tetap awet. Terlebih lagi jika mobil yang Anda beli adalah mobil bekas. Tentunya yang terpenting dalam cara merawat mobil bekas adalah penggantian oli yang rutin. Penggantian oli pada setiap merek mobil berbeda-beda, namun secara umum jika sudah mencapai 3000-5000 km harus ada penggantian oli.

Cara Merawat Mobil Manual yang Benar

  1. Gunakan bahan bakar yang sesuai

Yang tidak kalah pentingnya dalam merawat mobil adalah pemilihan bahan bakar kendaraan. Cara merawat mobil bensin yang tepat adalah dengan menggunakan bensin yang sesuai dengan jenis mobilnya. Meskipun mobil Anda baru, tetap saja harus menggunakan bensin yang tepat. Karena menggunakan bahan bakar sesuai juga merupakan salah satu cara merawat mobil baru yang benar.

  1. Rajin datang ke bengkel resmi
Baca Juga  Suara Kacer Betina untuk Pancingan

Perawatan mobil tua berbeda dengan cara merawat mobil baru. Mobil tua harus lebih teratur dibawa ke bengkel resmi secara rutin. Karena jelas mesin mobil tua jika tidak dilakukan perawatan akan cepat rusak. Kunjungan ke bengkel resmi merupakan salah satu cara merawat mesin mobil tua agar tidak cepat aus.

  1. Merawat Aki

Perawatan aki harus dilakukan secara berkala, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti mobil mogok. Terutama pada mobil bekas, salah satu cara merawat mobil bekas adalah melakukan perawatan aki berkala. Perawatan aki juga berlaku pada perawatan mobil kijang. Aki mobil kijang juga harus dibersihkan agar tidak mengalami kendala ketika mobil dipakai.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan dalam merawat mobil manual. Merawat mobil bekas tidak bisa disamakan dengan cara merawat mobil baru. Mobil bekas telah memiliki jarak km yang panjang sehingga perawatannya juga perlu secara ekstra. Demikian pula cara merawat mobil avanza tidak bisa disamakan dengan mobil-mobil tua. Karena memiliki sistem mesin yang berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.