Cara Merawat Mobil Matic yang Benar

Mobil matic memang menjadi pilihan bagi banyak orang, karena banyak kemudahannya dibandingkan mobil manual. Dibalik banyak kemudahan perawatan mobil matic sangat rentan terhadap kerusakan terutama di bagian transmisi. Cara perawatan mobil matic bisa Anda sesuaikan dengan merek mobilnya. Cara merawat mobil matic avanza misalnya mungkin berbeda dengan cara merawat mobil matic agya. Karena spesifikasi mobil tentu berbeda.

Cara Merawat Mobil Matic Berbagai Merk

Dibalik banyak kelebihan yang ditawarkan, mobil matic akan lebih rentan terhadap kerusakan. Terutama di bagian transmisi, sehingga bisa jadi biaya perawatan mobil matic bisa lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Sebaiknya memang melakukan perawatan mobil secara rutin supaya mesin mobil tidak cepat rusak.

Perawatan mobil matic sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Kendala mobil matic biasanya terjadi pada bagian transmisi. Cara perawatan mobil ini pun berbeda-beda. Seperti cara merawat mobil matic agya, juga sedikit berbeda dengan mobil matic mobilio misalnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara merawat mobil matic menurut mereknya.

Cara Merawat Mobil Matic yang Benar

  1. Mobil Honda

Untuk melakukan perawatan mobil honda mungkin tidak jauh berbeda dengan cara merawat mobil matic avanza. Yang paling harus dilakukan secara rutin dalam perawatan mobil matic honda adalah penggantian oli, paling tidak lakukan sebulan sekali. Penggantian oli disarankan pada jarak tempuh 20.000-25.000 km. Periksa juga bagian slip kopling, jika terjadi kerusakan pada bagian ini akan terjadi ketidakseimbangan ketika mobil melaju kencang.

Cara Merawat Mobil Matic yang Benar

  1. Mobil Toyota Yaris

Tidak jauh berbeda dengan cara merawat mobil matic agya, mobil matic yaris juga perlu perawatan berkala agar tetap prima. Yang perlu dilakukan dalam cara merawat mobil matic yaris adalah penggantian oli transmisi secara rutin. Diwajibkan bagi pemilik kendaraan untuk mengganti oli minimal ketika mencapai 25.000 km dan maksimal mencapai 50.000 km. Anda bisa gunakan oli yang direkomendasikan oleh produsen merek mobil. Jangan gunakan sembarang oli, karena setiap mobil berbeda-beda. Mobil ini sering mengalami kerusakan bada bagian gasket transmisi seperti kebocoran, oleh karena itu gasket perlu di cek secara rutin.

  1. Mobilio Matic
Baca Juga  Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara merawat mobilio matic mungkin adalah yang paling mudah jika dibandingkan dengan cara merawat mobil avanza. Dalam perawatan mobil ini cukup dilakukan dengan mengganti oli mesin dan filter oli nya saja. Untuk jarak 1.000 km biasanya cukup di cek saja, biasanya pada km 1.000 tidak ada kerusakan berarti pada mesin mobil.

Demikianlah cara merawat mobil matic sesuai mereknya. Sebenarnya, cara merawat mobil matic avanza atau pun mobil matic lainnya sangat mudah. Seperti hal nya cara merawat mobil matic agya. Biasanya perbedaan hanya terletak pada jenis oli yang digunakan. Oli untuk mobil matic berbeda-beda sesuai dengan merek mobilnya. Pilihlah oli yang direkomendasikan produsen mobil.