Rumus Cara Menghitung Luas Lingkaran Dengan Benar

Rumus Lingkaran – Bagi anda yang masih duduk di bangku SMA / SLTA pastinya sering sekali mendaptkan soal mengenai rumus luas lingngkaran, nah bagi anda yang nelum mengetahui bagaimana cara menghitung rumus luas lingkaran dengan benar dan teapt.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara menghitung rumus luas lingkaran, sebtulnya apad dasarnya rumus dari keliling serta luas lingkaran ini memamng hampir mirip atau sama.

Dan tidak sedikit yang malah terbalik dalam cara menghitung rumus lingkaran ini, nah bagi anda yang belum mengetahi mengenai rumus luas lingkaran maupun sudah lupa mengenai rumus menghitung lasu lingkaran ini.

rumus luas lingkaran
Cara Menghitung Luas Lingkaran

Saya akan menjabarkan secara detail mengenai rumus luas lingkaran ini.

Rumus Luas Lingkaran

Luas Lingkaran = π x r²

Keterangan :

π ( phi ) = 3,14 atau 22/7
r = jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya meter (m), maka satuan luasnya m².

Contoh Soal :

1. Jika di ketahui sebuah roda sepeda motor mempunyai diameter 42 cm. Tentukan luas lingkaran roda tersebut!

Jawab :

d = 42 cm
karena d = 2 kali r maka:
r = d/2
r = 50/2
r = 21 cm
Luas = π x r²
Luas = 22/7 x 21²
maka Luasnya = 1386 cm²

2. Hitunglah luas lingkaran yang memiliki jari-jari 20 cm !

Jawab :

r = 20 cm
Luas = π x r²
Luas = 3,14 x 20²
Luas = 1256 cm²

Tips Menghitung Luas Lingkaran

  • Tentukan nilai phi (π) yang tepat, ini akan sangat membantu menghitung. Untuk nilai jari-jari kelipatan dari 7 seperti 7, 14, 3,5, 49 gunakanlah 22/7. Sedangkan untuk kelipatan 10, 100, 50, gunakan saja 3,14. Itu akan sangat memudahkan sobat. Terus kalau selain itu gimana? Jika nilai radius (jari2) nya bilangan pecahan biasa atau angka bulat pakai saja 22/7 dan jika pecahan desimal baru pakai phi 3,14.
  • Anda jangan buru-buru menghitung nilai r2 biarkan saja dulu dalam bentuk r x r. Siapa tahu ada bilangan yang bisa dicoret. Misal r = 56, jangan diitung dulu 562 (3136) biarkan 56 x 56.
  • Teliti dan perhatikan satuan panjang soal dan satuan panjang jawaban yang ditentukan di soal.
Baca Juga  Cara Membaca Jangka Sorong yang Benar

Demikianlah sedikit informasi mnegnai tips cara menghitung rumu luas lingkaran dengan benar, semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu anda dalam mengerjakan sola rumus luas ling